Bun: Runtime Javascript Tercepat

 

Bun 1.0: Revolutionizing JavaScript Development | by Covenant Ifeoluwa |  Medium 

RBS27IT - Ini dia Bun. Runtime javascript dengan julukan "all-in-one". Julukan tersebut di sematkan pada Bun karena kemampuannya yang bukan hanya digunakan sebagai runtime, tetapi juga bisa digunakan sebagai package manager, test runner dan bundler.

Bun dibuat dengan bahasa pemrograman zig, bahasa ini memiliki banyak kegunaan untuk mengoptimalkan sebuah software agar tetap berjalan dengan baik. Bun menegaskan bahwa dengan pengoptimalan tersebut akan membuat bun menjadi runtime javascript dengan performa tinggi dalam menunjang project javascript yang dibuat.

Dikembangkan oleh Jarred Sumner, Bun bisa menjadi solusi inovatif bagi para developer khususnya developer yang menggunakan javascript sebagai bahasa pemrograman utama yang digunakan. Bun memanfaatkan JavaScriptCore, atau engine javascript yang digunakan di browser safari untuk memberikan performa terbaik dalam menjalankan program javascript.

Dilansir dari website resmi Bun, terdapat 3 tiga tujuan desain utama dalam pengembangannya, yakni: 

1. Speed

Bun memiliki kecepatan dan performa tinggi yang berasal dari JavaScriptCore miliki Safari. Bun menjelma menjadi runtime yang dapat diandalkan dalam pengembangan sebuah aplikasi javascript. Hal ini membuat aplikasi menjadi lebih efisien dan memiliki performa yang tinggi.

2. Elegan APIs

Selain memiliki kecepatan tinggi, Bun juga menyediakan set API yang telah dioptimalkan untuk mendukung proses pengembangan aplikasi. Penggunaan API yang simpel membuat proses pengembangan menjadi lebih efisien karena para developer cukup fokus dengan logika teknis tanpa memikirkan optimasi sistem aplikasi.

3. Cohesive DX 

Bun tidak hanya menawarkan kecepatan dan API, tetapi juga memberikan pengalaman dalam proses pengembangan yang kohesif. Dengan package manager, test runner, dan bundler. Hal ini membuat Bun menjadi sebuah paket lengkap untuk pengembangan aplikasi JavaScript.

Meskipun masih dalam pengembangan awal, Bun telah dirilis pada bulan Juli 2022 lalu. Awal yang menjanjikan bagi para pengembang untuk menerapkan Bun dalam aplikasi yang sedang dikembangkan.

Dengan memilih JavaScriptCore daripada mesin V8 yang digunakan oleh Chrome dan Node.js, Bun mampu memberikan performa kecepatan yang membedakan dirinya dengan runtime javascript lainnya.

Bun menunjukkan potensi besar untuk menjadi runtime JavaScript yang populer di masa depan. Performa unggul dan toolkit lengkapnya memberikan daya tarik tersendiri bagi para developer.

Munculnya Bun ini menjadi solusi baru dalam meningkatkan efisiensi dan performa sebuah aplikasi. Respon cepat yang diberikan Bun diharapkan mampu mengoptimalkan proses kerja aplikasi yang dikembangkan dengan runtime ini.

Dengan perkembangannya yang menarik, Bun berpotensi menjadi pilihan utama bagi para developer yang ingin meningkatkan performa dan mengoptimalkan aplikasi nya.

 

Belum ada Komentar untuk "Bun: Runtime Javascript Tercepat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel