Apa Aja Sih Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua Pada Anaknya? Mariki Kita Bahas!

 Kesalahan Orang Tua Ketika Mendidik Anaknya



rbs27it.com - Bagi Orang tua, membimbing atau mendidik anak adalah suatu keharusan agar masa depan anak cerah. Meskipun niat orang tua tersebut baik namun ada beberapa cara yang dilakukan dalam membimbing anak yang menurut saya itu tidak baik dan dapat memberikan efek negatif bagi anak kita dikemudian hari. 

        Mungkin apa yang saya bahas sudah familiar di Indonesia atau mungkin kalian menjadi pelaku dari kesalahan dalam membesarkan anak ini. Mari kita bahas apa saja kesalahan orang tua dalam membesarkan anaknya.

    1. Menunjukkan Perilaku yang Buruk di Depan Anak 

    Seperti peribahasa "Buah jatuh tak jauh dari pohonnya" yang memiliki arti Sifat seorang anak tidak akan jauh dari kedua orang tuanya. Karena orang tua merupakan suri tauladan yang akan ditiru oleh anak kita kelak. Jika kita berperilaku buruk diluar, apalagi di depan anak kita, bisa saja perilaku tersebut akan ditiru anak kita kelak ketika sudah berumah tangga dan memiliki anak. Jadi berhati hati lah ketika sedang bertindak didepan anak kita.

    2. Terlalu Memanjakan Anak Seperti Bayi 

    Memanjakan anak merupakan suatu kebahagiaan tersendiri di hati para orang tua. Namun dalam memanjakan anak kita perlu untuk mengetahui batasan nya. Artinya kita juga harus tegas dengan anak kita, namun tegas yang dikatakan ini dengan nada yang rendah & dinasehati dengan baik baik. Hal ini akan membuat Anak kita dikemudian hari bisa menjadi anak yang mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain. 

    3. Terlalu Mengekang dan Permisif
    
    Permisif memiliki arti memperbolehkan atau mengizinkan. Bisa dikatakan kita tidak boleh seenaknya mengizinkan dan memperbolehkan sesuatu tersebut kepada anak tanpa melihat dampak nya kepada anak kita terlebih dahulu. Apabila kita terlalu membiarkannya maka anak bisa menjadi seorang yang egois dan berkehendak sesukanya. Hal ini sama juga dengan terlalu mengekang anak kita, Mengekang anak sebaiknya jangan pernah dilakukan oleh orang tua. Mengapa? karena mengekang anak akan membuat anak menjadi pribadi yang penakut dan tidak berani keluar dalam zona nyaman.

    4. Memarahi Anak

    Memarahi anak merupakan suatu hal yang lumrah dan sering terjadi di Indonesia, Apalagi memarahi anak dengan membentak dan mengeluarkan kata kata yang dapat menyakiti hati anak atau bahkan dapat menyerang psikologi anak. Atau memarahi anak di depan orang lain seperti sahabatnya atau ditempat keramaian. Hal seperti ini sangat berbahaya dan pastikan tidak pernah kalian lakukan.Oleh karena itu dalam memarahi anak usahakan dilakukan dengan cara menasehati dengan baik baik tanpa ada kata yang menyakiti hati anak dan psikologi anak kita.

    5. Jarang Berkomunikasi dengan Anak 

    Terjalinnya hubungan antara anak dan orang tua tidak lepas dari komunikasi orang tua dengan anaknya. Jika kita sering berkomunikasi dengan anak dan mengajak anak kita berbicara meskipun sesuatu hal yang tidak penting, itu akan membuat anak percaya dengan kita dan dikemudian hari orangtua akan menjadi tempat curhat anak. Hal ini akan membuat anak menjadi pribadi yang mudah bergaul dan dapat bekerja sama dengan baik dengan siapa pun. 

Orang tua akan memperjuangkan semuanya demi kehidupan anaknya menjadi baik di masa depan dan membesarkan anak merupakan tanggung jawab yang dilakukan tiap orang tua di dunia. Mungkin ada beberapa orang tua diluar sana setelah membaca artikel ini , akhirnya sadar dan menjadi orang tua yang baik dalam mendidik anak mereka dan menjadikan anak mereka orang yang berguna bagi semua orang.

Belum ada Komentar untuk "Apa Aja Sih Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua Pada Anaknya? Mariki Kita Bahas!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel