5 Makanan Khas Jawa Timur Terpopuler !!


RBS27IT - Jawa Timur memiliki banyak sekali makanan khas dari berbagai kota dan kabupatennya. Makanan khas daerah adlah makanan yang sering dikonsumsi dan mudah ditemukan di daerah tersebut.

Surabaya, Malang, Tulungagung, Gresik, dan kota kota lainnya di Jawa Timur memiliki beragam makanan khas yang tentunya menggugah selera makan kita. Dari banyak makanan khas tersebut kami memilih 5 makanan khas terpopuler, berikut 5 makanan khas daerah Jawa Timur Terpopuler.

1. Rawon

Makanan dengan ciri khas berwarna hitam ini berasal dari daerah arekan. Ciri khas warna hitam ini diciptakan dari buah kluwek sebagai bahan dari pembuatan masakan rawon ini. Rawon merupakan salah satu jenis makanan sup hangat Indonesia.

Rawon sudah banyak dikenal bukan hanya di daerah Jawa Timur namun sudah dikenal hingga banyak daerah di Indonesia lainnya, Rawon biasa disajikan dengan nasi, telur asin, sambal dan empal daging sapi.

Masakan ini memiliki banyak varian contohnya rawon setan di surabaya & rawon nguling di pasuruan. Masakan ini juga banyak disukai oleh turis asing yang datang ke Indonesia.

2. Lontong Balap

Makanan ini merupakan makanan yang sehat dan menyegarkan ketika masuk ke tenggorokan kita.

Lontong balap merupakan makanan khas dari kota Surabaya, makanan dengan isian lontong yang diiris iris, dengan irisan tahu serta ditaburi kecambah setengah matang ditambah sambal yang menambah nafsu makan kita.

Makanan ini biasanya disajikan dengan beberapa sate kerang sebagai hidangan pendampingnya.

3. Soto Lamongan

Dari namanya sudah dapat dipastikan bahwa makanan ini berasal dari Kota Lamongan. Makanan dengan kuah bening yang segar ini merupakan makanan yang sangat terkenal dan banyak diperjual belikan di luar kota Lamongan.

Soto lamongan memiliki ciri khas koya udang yang membuatnya berbeda dengan soto soto pada umumnya.

Soto ini biasanya memiliki topping ayam ceker di dalamnya dan dimakan dengan nasi yang diguyur kuah soto, membuat lidah kita meleleh merasakan enaknya kombinasi didalam bahan pembuatan soto lamongan.

4. Tahu Tek

Tahu Tek merupakan makanan yang berasal dari Kota Lamongan. Makanan dengan bumbu utama berasal dari Petis ini berisi irisan tahu dan irisan telur dadar dan ditaburi kecambah diatasnya.

Tahu Tek biasanya di makan bersama kerupuk udang yang membuat rasanya menjadi gurih. Bumbu yang digunakan dibuat dengan cara semua baha diulek dilayah dan biasa ditambah potongan cabe untuk menambah rasa pedas.

5. Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan makanan khas dari daerah Surabaya. Makanan dengan ciri khas moncong sapi atau mulut sapi yang direbus dan dicampur ke dalam hidangan tersebut.

Makanan dengan isian berbagai macam sayur seperti kecambah, timun, krai, bendoyo dan kangkung. Ditambah dengan irisan tahu, tempe,moncong sapi dan lontong sebagai isian lainnya.

Makanan ini menggunakan bumbu yang berasal dari petis udang yang diolah dengan kacang dan ditambah air serta bumbu dapur lainnya yang dihaluskan di atas ulekan. Mimiliki rasa yang pekat dan kuat. 

Belum ada Komentar untuk "5 Makanan Khas Jawa Timur Terpopuler !!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel